Powered by Blogger.
RSS

Cara Membuat Lagu Kreasi Sendiri



Inspirasi merupakan sesuatu hal yang datang pada waktu yang tidak kita duga. Terutama inspirasi untuk membuat lagu. Terkadang kita bingung bagaimana cara membuat lagu yang bagus dan menarik bagi diri kita dan orang lain.
Membuat lagu merupakan suatu hal yang dapat memuaskan diri kita. Karena lagu tersebut merupakan lagu ciptaan dari diri kita sendiri.
Jika ada penasaran bagaimana cara membuat lagu yang bagus perhatikan langkah – langkah berikut :
Pertama siapkanlah alat tulis seperti pensil, kertas, dan penghapus. Siapkan juga alat musik berupa gitar akustik atau boleh juga piano. Siapkan juga alat perekam seperti HP atau MP4.
Kedua carilah tempat sepi yang mana membuka jendela imajinasi anda, seperti dia padang rumput, lapangan sepak bola, pantai, dan lain sebagainya.
Ketiga setelah semua siap, mulailah memikirkan aliran lagu apa yang ingin kita buat. Namun usahakan lagu yang kita buat harus sesuai dengan perasaan kita saat itu. Contohnya : jika kita sedih, buatlah lagu sedih. Dengan begitu perasaan kita terhadap lagu yang akan kita buat dapat menyatu.
Keempat mulailah menulis judul lagu dan syair pada secarik kertas. Minimal, kata – kata yang dibuat itu bagus untuk dijadikan sebuah puisi. Khusus bagian reff, buatlah kata – kata yang mencerminkan judul dari lagu anda. Setelah itu mulailah pikirkan nada – nada yang cocok untuk sajak – sajak tersebut.
Kelima cobalah nyanyikan lagu tersebut per sajak dengan nada – nada anda sendiri. Siapkan MP4 atau HP untuk merekam. Ingat, yang di jadikan acuan adalah nada – nada dari lagu tersebut, bukan bagus tidaknya suara anda menyanyi. Rekamlah persajak berulang kali. Jika anda sudah merekam sajak pertama tersebut, cobalah rekam lagi sajak pertama namun dengan alunan nada yang berbeda, lakukan sampai anda merasa nada tersebut bagus untuk anda. Lakukan hal yang sama untuk sajak – sajak selanjutnya. Khusus bagian reff, buatlah dengan nada yang menarik.
Keenam ini adalah tahap pemilihan / seleksi. Nada – nada yang tadi yang anda anggap bagus, simpanlah di MP4/HP. Jika tidak bagus, dapat dihapus. Ini juga tahap dimana anda mengatur kembali sajak – sajak yang telah anda buat.
Ketujuh ini adalah bagian yang tersulit, yaitu aransemen. Cobalah nyanyikan lagu anda, bersamaan dengan itu mainkan instrument anda. Coba rasakan, apakah antara lagu dan instrument ada kecocokan. Jika tidak coba ubah kunci/notasi. Jika sudah dapat, catatlah pada kertas catatan tempat anda menulis lagu tadi, yaitu pada bagian atas syair lagu tersebut (sesuaikan). Setelah semua selesai rekamlah kembali keseluruhan lagu dengan diiringi instrument. Dan akhirnya ... Lagu baru telah anda ciptakan sendiri ... !!!
Selamat Mencoba ... !!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment